Sabtu, 15 November 2008

RIAU KEPULAUAN


Kepulauan Riau adalah sebuah provinsi di Indonesia. Provinsi Kepulauan Riau berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja di sebelah utara; negara Malaysia dan Provinsi Kalimantan Barat di timur; Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Jambi di selatan; Negara Singapura, Malaysia, dan Provinsi Riau di sebelah barat.

Secara keseluruhan Wilayah Kepulauan Riau terdiri dari 4 Kabupaten dan 2 Kota, 47 Kecamatan serta 274 Kelurahan/Desa dengan jumlah 2.408 pulau besar dan kecil dimana 30% belum bernama dan berpenduduk. Adapun luas wilayahnya sebesar 252.601 Km2, di mana sekitar 95% - nya merupakan lautan dan hanya sekitar 5% merupakan wilayah darat.


Sejarah

Provinsi Kepulauan Riau merupakan provinsi baru hasil pemekaran dari provinsi Riau. Provinsi Kepulauan Riau terbentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 25 tahun 2002 merupakan Provinsi ke-32 di Indonesia yang mencakup Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, dan Kabupaten Lingga.

Kondisi Geografis dan Sumber Daya Alam

Kondisi Geografis

Secara geografis Provinsi Kepulauan Riau berbatasan dengan negara tetangga yaitu Singapura, Malaysia, dan Vietnam yang memiliki luas wilayah 251,810,71 km dengan 96 persennya adalah perairan dengan 1350 pulau besar dan kecil telah menunjukkan kemajuan dalam penyelenggaraan kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan. Ibukota Provinsi Kepulauan Riau berkedudukan di Tanjung Pinang. Provinsi ini terletak pada jalur lalu lintas transportasi laut dan udara yang strategis dan terpadat pada tingkat internasional, serta pada bibir pasar dunia yang memiliki peluang pasar.

Sumber Daya Alam

Potensi sumber daya alam mineral dan energi yang relatif cukup besar dan bervariasi baik berupa bahan galian A (strategis), bahan galian B (vital) maupun bahan galian golongan C yang dapat dilihat sebagai berikut.

Jumlah Cadangan Bahan Galian di Provinsi Kepulauan Riau:

No, Jenis Bahan Galian, Berada di Kabupaten/Kota, Jumlah Cadangan

  1. Minyak Bumi, Natuna
  2. Gas Alam, Natuna,
  3. Timah, Karimun, Lingga
  4. Bauksit, Bintan, Karimun, Lingga, T. Pinang
  5. Pasir Besi Lingga Natuna
  6. Zircon Lingga -
  7. Antimon Natuna -
  8. Granit Karimun, Bintan, Natuna, Lingga 4.204.840
  9. Pasir Darat Karimun, Lingga, Bintan 16.800.000 m³
  10. Pasir Laut Karimun, Bintan - 7.164.348.267 ton
  11. Kuarsa Karimun, Natuna, Lingga 84.930.000 m³
  12. Granulit Natuna -
  13. Diorit Natuna, Lingga 882.000.000
  14. Andesit Natuna, Karimun 20.000.000 m³
  15. Rijang Natuna 78.013.300.931 m³
  16. Feldspar Lingga -
  17. Kaolin Lingga -
  18. Batu setengah permata Lingga -
  19. Hornfels Natuna 43.240.000 m³
  20. Batuan Ultrafamic Natuna 36.555.921.955 m³

Pariwisata

Pulau Penyengat dilihat dari kota Tanjung Pinang

Provinsi Kepulauan Riau merupakan gerbang wisata dari mancanegara kedua setelah Pulau Bali. Jumlah wisatawan asing yang datang berkunjung mencapai 1,5 juta orang pada tahun 2005. Objek wisata di Provinsi Kepulauan Riau antara lain adalah wisata pantai yang terletak di berbagai kabupaten dan kota. Pantai Melur, Pulau Abang dan Pantai Nongsa di kota Batam, Pantai Belawan di Kabupaten Karimun, Pantai Lagoi, Pantai Tanjung Berakit, Pantai Trikora, dan Bintan Leisure Park di kabupaten Bintan. Kabupaten Natuna terkenal dengan wisata baharinya seperti snorkeling.

Selain wisata pantai dan bahari, provinsi Kepulauan Riau juga memiliki objek wisata lainnya seperti cagar budaya, makam-makam bersejarah, tarian-tarian tradisional serta event-event khas daerah. Di kota Tanjungpinang terdapat pulau Penyengat sebagai pulau bersejarah karena di pulau ini terdapat masjid bersejarah dan makam-makam Raja Haji Fisabililah dan Raja Ali Haji yang kedua-duanya adalah pahlawan nasional.

Seni dan Budaya

Musik

Musik Melayu Kepulauan Riau dan musik yang berkembang oleh masyarakat Kepulauan Riau mencakup Musik melayu dalam bentuk Langgam atau Senandung, Musik Joget, Musik Zapin, Musik Silat, Musik Inang, Musik Ghazal, Musik Boria, Musik Mak Yong, Musik Mendu, Musik Lang-lang Buana, Musik Bangsawan, Musik Barongsai, Musik Gamelan yang dulunya berkembang istana Daik Lingga dengan sebutan Musik Tari Joget Lingga, Musik Randai, Musik Dul Muluk, Musik Tari Inai, Musik Kompang, Musik Berdah, Musik Rebana, Musik Kasidah, Musik Nobat yang bisa digunakan pada acara ritual kerajaan di Riau Lingga, Musik Boria, Musik Kuna kepang, Musik Wayang cecak, Musik Randai, Musik Angklung, Musik Manora, Musik Keroncong, Musik Dangdut, Musik Pop, Musik Gondang dari batang, Musik agogo, dan lainnya.

Tarian

Tari melayu di Kepulauan Riau yang berkembang di kabupaten dan kota antara lain : Tari Zapin, Tari Joget Dangong, Tari Jogi, Tari Melemang, Tari Makyong, Tari Mendu, Tari Inai, Tari Dayung sampan, Tari Topeng, Tari lang-Lang Buana, Tari Alu, Tari Ayam Sudur, Tari Boria, Tari Zikir Barat, Tari Rokana, Tari Joget lambak, Tari Damnah,Tari Semah Kajang,Tari Dendang Dangkong, Tari Sirih Lelat, Tari Tebus Kipas, Tari Sekapur Sirih, Tari Engku Puteri, Tari Mustika Kencana, Tari Marhaban, Tari menjunjung duli, Tari Tandak Pengasih, Tari Ikan Kekek, Tari Tarek Rawai, Tari Pasang rokok, Tari Masri, Tari Betabik, Tari Lenggang cecak, Tari Laksemane Bentan, Joget Bebtan, Tari Joget Kak Long dari Moro, Tari Joget Mak Dare,Tari Joget Makcik normah di pulau Panjang Batam.

Seni Teater

Teater Melayu yang berkembang di Provinsi Riau : Teater Makyong di Kabupaten Bintan tepatnya di Pulau Mantang, Pulau Panjang di Batam ; Teater Mendu di Kabupaten Ranai tepatnya di Kecamatan Sedanau dan Ranai; Teater Lang-lang Buana di Kabupaten Natuna tepatnya di Ranai; Teater Bangsawan di Daik Lingga, Dabo Singkep, Pulau Penyengat.Teater dari daerah lain yang berada di Provinsi Kepulauan Riau antara Lain seperti : Randai, Ketoprak, Wayang orang, Dul Muluk,Manora, kesemuanya dikembangkan oleh asyarakat dan suku lain yang berada di provinsi Kepulauan Riau.

Pendidikan

Perguruan Tinggi yang ada:

  1. Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) di Tanjungpinang
  2. Universitas Internasional Batam
  3. Universitas Batam
  4. Universitas Putera Batam
  5. Universitas Riau Kepulauan (Batam)
  6. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ibnu Sina (Batam)
  7. Sekolah Tinggi Teknik Ibnu Sina (Batam)
  8. Sekolah Tinggi Ilmu Agama Ibnu Sina (Batam)
  9. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan (Tanjungpinang)
  10. Sekolah tinggi Teknologi Indonesia (Tanjungpinang)
  11. Akademi Keperawatan Griya Husada (Batam)
  12. Akademi Keperawatan Mitra Bunda Persada (Batam)
  13. Akademi Bahasa Asing Tanjungpinang
  14. Sekolah Tinggi Ilmu Agama Miftahul Ulum (Tanjungpinang)
  15. Politeknik Kesehatan Tanjungpinang (Tanjungpinang)
  16. Akademi Keperawatan Angkatan Laut (Tanjungpinang)

0 komentar:

Poskan Komentar